Sunday, March 20, 2011

Budaya Wayang di Indonesia

Indonesia sungguh kaya akan budaya, kebanyakan dari orang Indonesia hanya sebatas tau kalau kebudayaan di indoesia ini sangat banyak ragamnya, tetapi hanya beberapa saja yang mengerti dan menghayati kebudayaan yang dimilikinya. Pada Tulisan Kali ini sejuta budaya akan menulis tentang wayang & ragamnya yang ada di Indonesia.

Wayang berasal dari kata wayangan, yaitu sumber ilham dalam menggambar wujud tokoh dan cerita, sehingga bisa tergambar jelas dalam batin si penggambar karena sumber aslinya telah hilang. Menurut para ahli budaya & penemuan penyelidikan para ahli arkeologi Indonesia, kesenian budaya wayang sudah ada sejak dulu, ketika jaman "kuno", yaitu jaman sebelum agama Hindu & Budha.Jadi wayang itu asli kebudayaan bangsa Indonesia. Saat itu budaya wayang erat hubunganya dengan memuja kepercayaan animisme yang dianut para leluhur bangsa Indonesia.

Dengan berkembangnya kebudayaan, wayang menjadi sangat beragam dan ceritanya dikembangkan sesuai Perkembangan jaman saat itu

1. Wayang Kulit Purwo
    dilatar belakangi layar/kelir dengan pokok cerita yang sumbernya dari Kitab Mahabharata dan Ramayana yang berasal dari India. Ada juga pagelaran wayang kulit purwa dengan "lakon" (Judul) cerita yang dipetik dari ajaran Budha, seperti cerita yang berkaitan dengan upacara ruwatan (pencucian diri manusia). Pagelaran Wayang Kulit Purwa Biasanya memakan waktu semalam suntuk.

wayang purwa

2. Wayang Orang
    Semasa Sri Susuhunan X di Solo didirikan tempat pementasan Wayang Orang, yaitu di Sriwedari yang merupakan bentuk pewayangan panggung dengan pemainnya terdiri dari orang-orang yang memerankan tokoh-tokoh wayang. Baik cerita maupun dialognya dilakukan oleh masing-masing pemain itu sendiri. Pagelaran ini diselenggarakan rutin setiap malam. Bentuk variasi wayang lainnya yaitu wayang Golek yang wayangnya terdiri dari boneka kayu.

wayang orang

3. Wayang Potehi
    Seniman cina juga mengge wayang golek cinta yang disebut "Wayang Potehi" dengan cerita dari negeri cina serta iringan musiknya khas Cina

wayang potehi

4. Wayang Beber
    Ada juga Wayang Beber yang dalam bentuknya merupakan lembaran kain yang dilukis dan diceritakan oleh sang Dalang, yang ceritanya berkisar mengenai Keraton Kediri, Ngurawan, Singasari (lakon Panji).

wayang-beber

5. Wayang Klitik
    Wayang Klitik adalah jenis pewayangan yang media tokohnya terbuat dari kayu, ceritanya diambil dari babat Majapahit akhir (cerita Dhamarwulan).

wayang klitik

6. Wayang Rumput

wayang rumput

Masih banyak lagi ragam budaya wayang yang ada di Indonesia seperti Wayang Menek, Wayang Golek Sunda, Wayang Kulit Sasak dan masih banyak yang lainnya.

Melestarikan budaya Sendiri adalah perbuatan Mulia untuk diri sendiri.

2 comments:

  1. Wee....boleh juga ni artikel! Btw... di antara jenis wayang yang ada, gw paling demen dg wayang kulit dan orang versi jawa, cz kaya ajaran filosofi dan merupakan gabungan aneka seni dengan cita rasa yang tinggi.....terlebih krn paling mudeng! hehehe.....

    ReplyDelete
  2. Kalo saya walapaun ceritanya banyak yang gak mudeng,.. lihat aja seneng mas.. tapi sekarang jarang ada... :(

    ReplyDelete